Halaman

Sabtu, 26 Maret 2016

Pidato. Tema : Ramadhan

Pidato. Tema : Ramadhan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT, shalawat beserta salam akan tetap terlimpahkan kepada suri tauladan umat manusia, tokoh paling berpengaruh di dunia, yakni baginda Rasul: Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam. Tak lupa kepada keluarga, para sahabat, dan semua tabiinny. Mudah-mudahan kita dicatat oleh Allah sebagai umatnya, Amin ya rabbal…. Alamin.

Hadirin Rahimakumullah,

Saya akan  menyampaikan uraian hikmah tentang ibadah sederhana di bulan ramadhan.

Alhamdulillah, sebentar lagi kita akan memasuki bulan penuh hikmah dan pahala yakni bulan Ramadhan.

Tapi sayang sekali, jika pahala yang melimpah di bulan suci ini hanya diraih dengan puasa dan tarawih saja, padahal sebenarnya ada banyak ibadah yang sederhana dan mudah dipraktikkan dengan pahala yang berlipat ganda. Seperti Senyum, Shodaqoh, dan Salam. Sekarang, insyAllah akan saya uraikan satu persatu.

(1)   Yang pertama, senyum. Senyum itu menampakkan keramahan, bahkan hadist Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam,

watabassumuka fi wajhi akhiika shodaqoh

Artinya, ” Dan senyummu untuk saudara mu adalah sodaqoh. “

kita bisa senyum kepada teman, orangtua, adik, kakak, guru, tetangga, dan semua orang!

(2)   Ibadah sederhana kedua adalah Shodaqoh,

Karena bulan ini kita puasa, teman-teman, yuk sisihkan uang jajan untuk berbagi dengan yang membutuhkan, atau infaq di masjid. Sedikitpun tak mengapa, yang penting ikhlasnya.

(3)   Dan Ibadah sederhana yang ketiga yaitu salam, kita bisa mengucapkan salam: ketika masuk rumah maupun keluar rumah, mau masuk mushala atau masuk kelas di sekolah. Yaitu dengan mengucapkan.. Assalamualaikum.

Salam,juga harus di ucapkan setelah mendengar nama Muhammad, yaitu dengan mengucapkan Sallahu alaihi Wasalam, selain untuk penghormatan, juga sebagai pembeda antara Nabi Muhammad Sallahu alaihi Wasalam dengan nama Muhammad yang banyak digunakan umat muslim.

Hadirin Rahimakumullah,

Demikian uraian hikmah tentang  ibadah sederhana di bulan ramadhan, semoga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar