Halaman

Sabtu, 26 Maret 2016

Artikel Tentang Negara Maju

Artikel Tentang Negara Maju

Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang.
Dalam Negara maju memiliki ciri-ciri seperti dari segi ekonomi (pendapatan per kapita) Negara maju umumya memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Sebagian besar penduduk bekerja di sektor industri sehingga pendapatan perkapita penduduknya tinggi. Selain sektor industri, berkembang pula sektor perdagangan dan jasa. 
Dari segi pendidikan juga negara maju pada umumnya memiliki tingkatan pendidikan yang sangat tinggi. Bahkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada juga telah maju dengan sangat pesat. Dengan kemajuan tersebut, negara maju sudah mampu mengolah sumber daya alam secara Optimal, misalnya sudah mampu menciptakan industri dari industri ringan sampai industri yang berat. Contohnya di jepang, pemerintah telah melaksanakan wajib belajar untuk usia 6-15 tahun semenjak perang dunia 2 berakhir. Jadi, sektor pendidikan di jepang memang mendapat perhatian utama. Serta di Inggris sudah tidak ada lagi buta huruf karena anak usia 5-16 tahun dikenakan wajib belajar tanpa dipungut biaya.
Begitupula dengan kualitas penduduk sangat menentukan maju mundurnya suatu negara. Kualitas penduduk dapat diukur melalui tingkat pendidikan, tingakt kesehatan, dan tingkat kesejahteraan (pendapatan per kapita). Di negara maju, angka kematian bayi termasuk rendah (kurang dari 1%), sedangkan usia harapan hidupya umumnya tinggi yaitu diatas 75 tahun. Lalu tingkat kesejahteraan negara maju termasuk tinggi.

Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan beberapa ciri negara maju adalah sebagai berikut :
  1. Tersedianya modal yang besar
  2. Tersedia banyak tenaga ahli
  3. Pendapatan per kapita tinggi
  4. Angka kematian bayi rendah
  5. Sebagian besar penduduk tinggal di perkotaan
  6. Perekonomian di dorong dari sektor industri dan jasa
  7. Tingkat pendidikan penduduknya tinggi
  8. Angka harapan hidup yang tinggi

Sumber:
febrian home. 2014. Ciri-Ciri Negara maju dan berkembang.
http://www.febrian.web.id/2014/08/ciri-ciri-negara-maju-dan-negara.html. diakses pada tanggal 19 agustus 2014 pukul 14.30 WIB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar