Halaman

Sabtu, 26 Maret 2016

KARAKTERISTIK DAN FUNGSI SENYAWA

KARAKTERISTIK DAN FUNGSI SENYAWA

No
Nama Senyawa
Karakteristik dan Fungsi
Tumbuhan Penghasil
1
Nikotin
merupakan senyawa organic alkaloid, yang umumnya terdiri dari Karbon, Hydrogen, Nitrogen dan terkadang juga Oksigen. Senyawa kimia alkaloid ini memiliki efek kuat dan bersifat stimulant terhadap tubuh manusia .     fungsi : merangsang saraf otak.
tembakau
2
Morfin
adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat dan merupakan agen aktif utama yang ditemukan pada opium. Morfina bekerja langsung pada system saraf pusat untuk menghilangkan rasa sakit.    fungsi:  Menambah adrenalin.
opium
3
Kafein
merupakan zat stimulan dapat dijumpai di beberapa jenis makanan. Selain terdapat pada teh, kopi, minuman energi dan minuman berkarbonasi, kafein ternyata juga dapat ditemukan dalam hampir setiap jenis minuman. Bahkan, kafein secara alami juga ada pada biji-bijian, daun dan buah dari beberapa tanaman.     fungsi:  Mengurangi kelelahan atau mengantuk dalam jangka pendek.
kopi
4
Theine
Teh, selain dapat memberikan kesegaran kepada tubuh, ternyata mempunyai banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia          fungsi:   untuk menurunkan berat badan,kecantikan dan kesehatan.
Teh 
5
Saponin
berdasarkan sifat kimia menjadi dua yaitu saponin steroid dan saponin triterpenoid.      fungsi: pada polong-polong mengusir kolesterol di usus besar sebelum terserap ke dalam aliran darah.
buah mentimun, buah mahkota dewa,  kayu ceremai.
6
Papaine
molekul protein yang terdiri dari 345 asam amino dan merupakan senyawa kompleks yang  dapat digunakan untuk berbagai keperluan.     Fungsi:  untuk kesehatan dan kecantikan.
Pepaya
7
Atropin
Atropin adalah obat yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis agen saraf dan keracunan pestisida, beberapa jenis denyut jantung yang lambat, dan untuk mengurangi produksi air liur selama operasi. Fungsi : - Tetes mata untuk melebrakan pupil
-          Obat jantung yang denyutnya lemah
kecubung
8
Kokain
kokain merupakan zat adiktif yang memiliki efek stimultan dengan menstimulasi sistem saraf pusat.    Fungsi: digunakan sebagai anestetik lokal khususnya pada kasus pembedahan mata, hidung dan tenggorokan.
tumbuhan koka Erythroxylon/ Narkoba
9
Kuinin
Kini terdapat dalam bentuk garamnya, antara lain kinin HCl, sulfat, dihidroklorida, bisulfat, dan glukonat Kinin dapat diubah menjadi bentuk sinkonidin yang dapat digunakan untuk katalis reaksi enantioselekti.      Fungsi: untuk pengobatan malaria yang disebabkan oleh Plasmodium falciparum.
pohon kina 
10
Piperin
berupa Kristal berbentuk jarum, berwarna kuning, tidak berbau, tidak berasa, lama kelamaan pedas.     Fungsi:  sebagai antioksidan, anti diare, insektisida, sebagai antiinflanasi.
Lada
11
Reserpin
Reserpine merupakan obat yang disebut rauwolfia alkaloid.   Fungsi: Untuk mengobati tekanan darah tinggi 
akar pule pandak.
12
Vinblastin
Termasuk obat sitostatika ( obat anti  kanker) yang berperan sebagai anti pertumbuhan sel kanker dimana obat ini bekerja mempengaruhi sel kanker secara spesifik dan tergolong obat alkaloid atau mitotic spindel. Fungsi: berperan sebagai anti pertumbuhan sel kanker.
tapak dara
13
Kodein
Kodein adalah sejenis obat golongan opiate yang di gunakan untuk mengobati nyeri sedang hingga berat.  Fungsi:  untuk meredakan / menghilangkan nyeri hebat yang tidak dapat di atasi9 dengan analgesi non-opioid.  
opium
14
Skopolamin
merupakan bentuk heterosiklik tropan alkaloid yang secara alami. Fungsi:      terdapat pada manusia berperan sebagai therapeutical dalam prosedur opthamallogical yang mampu menyebabkan mydriosis.
solanaceae .
15
Efedrina
merupakan alkaloid yang ditemukan pada tanaman Ma Huang yang berasal dari Cina dan dan telah digunakan selama 5000 tahun, telah tercatat pada ”Pentsao Kang Mu” yang ditukis oleh Shih-Cheng li pada tahun 1596 M.        Fungsi: digunakan sebagai stimulan sirkulasi, diaforetik, antipiretik, sedatif untuk pengobatan batuk. untuk pengobatan batuk.
obat má huáng dan Ephedra distachy.
16
Teobromina
adalah zat kimia dari kelompok alkaloid. Secara kimiawi, teobromin amat mirip dengan kafein.      Fungsi: untuk membuat cokelat.
pohon kakao
17
Meskalina
Mescaline adalah zat psikotropika alkaloid, umumnya ditemukan di peyote jamur. Makan jamur jenis ini melepaskan mescaline ke dalam tubuh, menyebabkan orang untuk memiliki pengalaman halusinogen, mirip dengan lsd. Fungsi : sebagai pengobatan bagi berbagai penyakit seperti sakit gigi, sakit melahirkan, demam, sakit di payudara, reumatik, diabetes, flu, hingga kebutaan. Peyote juga mengandung zat kristalin larut air yang diberi nama “peyocactin”.

Kaktus peyote
18
Ergomertina
merupakan jamur yang tumbuh pada tanaman rye. Fungsi:  perawatan tubuh, vitamin.
jamur
19
Beberina
Berupa akar dan umbi akar dari familia Berberidaceae. Fungsi: sebagai zat pahit/amara dan antipiretik
Berberis vulgaris (dari Oregon), B. Amition (dari Himalaya), dan B. aristaca (India)
20
Emetine
Sebuah kristal alkaloid pahit putih diekstrak dari akar ipecacuanha, dan dianggap sebagai prinsip emetik yang aneh. Fungsi : untuk mengurangi mual
akar ipecac
21
Heroin
merupakan golongan opiat. Heroin di proses dari morfin.      Fungsi: sebagai obat penenang untuk pengobatan penyakit trauma fisik, kangker stadium akhir.
Opium
22
Viridicatin
Merupakan subtansi antibiotik dari mycelium jamur Penicillium viridicatum (familia : Aspergillaceae), senyawa ini aktif untuk semua jenis Plasmodium (kecuali Plasmodium vivax) penyebab malaria. Penggunaan senyawa ini memiliki efek samping berupa Cindronism yaitu pendengaran berkurang. Fungsi : anti parasit, insectisida dan anti tetanus
. Jamur mycelium
.Penicillium viridicatum

23
Teofilin
merupakan bronkobilator yang di gunakan untuk pasien asma. Fungsi : digunakan untuk pasien asma dan penyakit paru obstruktif yang kronik, namun tidak efektif untuk reaksi akut pada penyakit paru obstruktif kronik.
The
Biji kakao

Tidak ada komentar:

Posting Komentar